Hari Binatang Sedunia 2019, Ayo Tingkatkan Kesejahteraan Mereka

Categories General
Hari Binatang Sedunia 2019, Ayo Tingkatkan Kesejahteraan Mereka

Hari Binatang Sedunia 2019, Ayo Tingkatkan Kesejahteraan Mereka – World Animal Day Atau Hari Hewan sedunia adalah momen yang sangat diakui di seluruh dunia untuk hak hak hewan yang kesejahteraannya yang dirayakan setiap tanggal 4 Oktober tersebut. Perayaan ini memiliki misi yaitu untuk meningkatkan status dari kesejahteraan hewan di seluruh dunia, selain itu juga dapat memobilisasikannya dengan memberikan tempat tempat yang lebih baik bagi semua hewan yang ada seperti yang dikutip oleh World Anime Day pada jumat (4/10/2019)

Hari Hewan Sedunia dirayakan dengan cara yang berbeda di setiap negara, terlepas dari kebangsaan, agama, kepercayaan atau ideologi politik.

Melalui peningkatan kesadaran dan pendidikan, kita dapat menciptakan dunia di mana hewan selalu diakui sebagai makhluk hidup dan memberikan penghargaan penuh untuk kesejahteraan mereka.

Asal Mula

Seorang pria asal Jerman-lah yang membentuk perayaan ini. Pada 24 Maret 1925, Heinrich Zimmermann menyelenggarakan Hari Hewan Sedunia pertama di Sports Palace, Berlin, Jerman.

Lebih dari 5.000 orang menghadiri acara peryaan tersebut. Sebelumnya, 4 Oktober ditetapkan untuk menyelaraskan dengan hari kelahiran St. Fransis dari Assisi –santo pelindung hewan– pada 3 Oktober.

Mengutip Awareness Day, pada 1929, Hari Hewan Sedunia kemudian dipindahkan ke 4 Oktober untuk pertama kalinya.

Pada awalnya, Zimmermann hanya menemukan pengikut aksi ini di Cekoslwakia, Swiss, Austria dan Jerman. Setiap tahun, ia bekerja dengan upaya besar untuk mempromosikan Hari Hewan Sedunia ini.

Akhirnya, pada Mei 1931 ketika ia berada di kongres ISAR di Florence, Italia, proposal Zimmermann untuk menjadikan Hari Hewan Sedunia pada 4 Oktober diakui secara internasional, dengan diterima suara bulat dan diadopsi sebagai resolusi.

Bebagai Perayaan Diselenggarakan

Untuk menunjukkan apa yang bisa dilakukan dalam untuk binatang, sejumlah orang dari hampir setiap negara telah memamerkan kreativitas yang dimiliki hewan mereka.

Seperti pada laman Jane Goodall –peneliti simpanse terbaik di dunia– ada yang mengatur lokakarya pendidikan untuk pemilik hewan peliharaan, sementara yang lain mengantur penggalangan dana di sekolah mereka.

Diketahui pula, terdapat kelompok-kelompok yang melakukan protes damai atas nama undang-undang kesejahteraan hewan.

Di Mesir, seorang wanita bernama Anima Abaza yang bergabung dalam peringatan Hari Hewan Sedunia, dan berhasil melobi klausul kesejahteraan hewan untuk ditambahkan ke konstitusi Mesir.

Pada perayaan kali ini, ada sejumlah acara yang dilaksanakan di berbagai tempat di dunia yang mengutip dari World Animal Day Events. Seperti di Portugal yang merayakannya dengan acara sumbangan, kegiatan anak-anak, serta permainan sepak bola. Lalu, ada kegiatan dengan judul ‘My Life with My Pet’ di India.

Jadi, ayo rayakan Hari Hewan Sedunia ini dengan binatangmu! & juga pastikan kesejahteraan mereka juga kamu jaga ya agar tidak ada lagi hewan hewan menarik yang punah dari Indonesia yang kaya akan alam, flora dan fauna nya.